Wednesday, August 23, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna

| Wednesday, August 23, 2017
Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna - Kami akan memberikan membahasan seputar Toyota Soluna yang mana untuk mobil Soluna ini memang sangat bagus dan menjadi salah satu mobil taksi, meskipun begitu banyak juga orang menjadikan Toyota Soluna menjadi mobil pribadi untuk bisa pergi kekantor dan juga keluar dengan keluarga mereka, untuk itulah Toyota Soluna menjadi kandidat mobil yang di cari oleh banyak orang saat ini.

Untuk Toyota Soluna adalah sedan subkompak yang mampu untuk berkecepatan maksimal dan bisa diandalkan untuk jalan ibu kota saat ini, untuk desain yang mewa akan menjadi tunggangan anda lebih menyenangkan sekali setiap harinya. Dan untuk harga yang diberikan untuk Toyota Soluna sangat murah dan terjangkau sekali sehingga banyak orang yang suka dengan Toyota Soluna ini.

Kelebihan Mesin Toyota Soluna


Sebagai pemain dalam sedan segmen subkompak yang terkenal murah. Pastinya mesin yang dibawanya memiliki spesifikasi lebih rendah dari sedan kompak. Di kalangan sedan Toyota di Indonesia era 90-an, kebanyakan mengusung mesin seri 4A-FE dengan kapasitas 1.600cc, mulai dari Corolla Twincam SE Limited, Great Corolla, Corolla All New dan juga Corona Absolute 1.6. Namun bedanya, Soluna menggendong mesin 5A-FE injeksi yang berkapasitas lebih kecil, tepatnya 1.500cc / 1.5 liter. Tenaga yang mampu diproduksi sekitar 93 HP pada 5.600 RPM dan torsi 124 Nm pada 4.800 RPM yang disalurkan ke roda depan.

Karakter body berbobot ringan Soluna lantas mengingatkan kita akan sosok hatchback Toyota yang begitu fenomenal pada tahun 90-an, yaitu Starlet. Dengan kata lain, Soluna ini adalah Starlet versi sedan. Hanya saja penggunaan mesin yang berbeda, dimana Soluna mengusung mesin 1.5 liter injeksi di bawah kap mesinnya sedangkan Toyota Starlet menggunakan mesin berkapasitas lebih kecil, yakni 1.3 liter.

Kelebihan Interior Toyota Soluna


Ketika memasuki kabin, jangan kaget jika Anda hanya disuguhkan oleh interior yang tampak sangat murahan. Dan ya, bagian ini sangat berpengaruh terhadap nilai jual Soluna sehingga dapat diedarkan dengan harga murah. Bahkan pada varian teringgi yakni GLi, fitur yang diunggulkan hanya berupa AC, tape, remote alarm, electric mirror, takometer, dan juga power window plus central lock. Terdapat varian lain, XLi yang lebih standar. Tanpa dibekali fitur penting di atas kecuali AC dan tape.

Pada bagian interior, perbedaan antara versi prefacelift dan facelift hanya terlihat pada model roda kemudi / setir. Versi prefacelift menggunakan setir 2-spoke menyerupai Kijang Kapsul tahun awal.

Kelebihan Eksterior Toyota Soluna


Menggunakan basis yang telah direkayasa ulang dari Toyota Tercel generasi ke-5 membuat eksterior Soluna hampir menyerupai asalnya sebagai sedan murah di daratan Eropa. Hanya saja Soluna didesain agar sesuai dengan karakter yang penduduk Asia khususnya negara ASEAN. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Soluna terdapat dua versi, prefacelift dan facelift.

Bagian fasia Soluna versi awal (prefacelift) dapat ditandai dengan mudah pada penggunaan headlamp kaca buram dengan lampu sein berwarna oranye. Grill standar dicat serupa sebagaimana warna body keseluruhan.

Sedangkan pada versi facelift, perubahan yang dilakukan sangat minim. Peningkatan yang dilakukan hanya sebatas pada penggunaan lampu kristal bening dan grill chrome. Bahkan pada versi ini juga belum dilengkapi dengan foglamp yang berfungsi sebagai penembus kabut ketika cuaca tidak bersahabat.

Spesifikasi Toyota Soluna

Mesin : 1.5 liter 5A-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC.
Tenaga : 93 HP @5.600 RPM.
Torsi : 124 Nm @4.800 RPM.
Bore x stroke : 78,7 mm x 77 mm.
Rasio kompresi : 9.5:1.
Konsumsi BBM : 10-13 km/L (dalam kota) dan 15-18 km/L (luar kota) *perkiraan
Transmisi : Manual 5-speed dan matic 4-speed (tipe GLi), tipe XLi hanya manual.
Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang independent dengan per keong.
Rival : Hyundai Accent, Kia Sephia / Timor S515 Honda City EXi (prefacelift) ; Suzuki Baleno 1.5 dan Honda City Type-Z.
Tahun penjualan : 1997 - 1999 (prefacelift) 2000 - 2002 (facelift)..

Kelebihan Toyota Soluna

Sangat irit.
Akselerasi bagus, karena body ringan.
Suspensi empuk.
Sparepart murah.
Perawatan mudah.
Mesin bandel dan tangguh.

Kekurangan Toyota Soluna

Image taksi.
Kaki-kaki ringkih.
Harga jual kembali.
Body terlalu enteng.
Kurang stabil pada kecepatan tinggi dan mudah limbung.
Kualitas bahan di bawah standar.
Ruang fender terlalu sempit.
Rem kurang pakem.

Oke sekian dari kami tentang info seputar Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna yang kami sampaikan, untuk anda yang ingin membeli mobil ini memang sangat murah sekali untuk harga yang diberikan sehingga anda tidak perlu mengeluarkan kocek lebih dalam lagi karena harga yang sangat terjangkau sekali. Dan memang model Totoya Soluna adalah mobil lama tetapi sangat handal sekali, sehingga banyak dibuat armada taksi di Indonesia.

Related Posts

No comments:

Post a Comment